Krisis lahan makam di Jogjakarta

krisis lahan makam di jogjakarta

Pemerintah kota Jogjakarta berencana membangun tempat pemakaman umum untuk warga Kota Jogja belum juga terealisasi hingga saat ini. Padahal, bagi keluarga yang mendapatkan musibah kematian sekarang harus membayar biaya cukup mahal karena setelah mengalami kenaikan harga lahan makam. ”Sudah direncanakan sejak tahun lalu. Tapi di APBD 2016 dan APBD Perubahan juga tidak muncul,” tandas Ketua Komisi D DPRD Kota Jogja Agung Damar Kusumandaru kemarin (18/8/2016).

Pihak pemkot Jogjakarta sebenarnya sudah memasukkan urusan pemakaman ini sebagai salah satu prioritas pembangunan tahun ini.  Salah satunya juga dipicu adanya kenaikan harga lahan pemakaman. ”Di Jetis sudah ada yang mengeluh, karena harga lahan makam sampai Rp 4.000.000 per lubang makam,” kata Agung. Harga tersebut belum termasuk biaya perpanjangan sewa setiap tahunnya.

 

Di sebagian kalangan yang mampu memang ada yang mempunyai pemakaman tersendiri namun hal itu tidak begitu banyak. Masalah ini sudah mendesak dan boleh dikatakan darurat. Untuk optimalisasi lahan yang ada saat ini sudah tak memungkinkan dengan melihat kondisi yang ada. Berdasarkan data Dinsosnakertrans Kota Jogja, angka kematian mencapai 2.700 orang per tahun. Dari jumlah tersebut, sekitar 800 orang di antaranya merupakan penduduk dari keluarga miskin.

Pemkot Jogjakarta hanya memiliki empat areal pemakaman yang berada di Kecamatan Wirobrajan, Mantrijeron, Mergangsan, dan Tegalrejo. Keempat makam tersebut sudah tidak ada yang kosong hingga beberapa tahun terakhir.

Informasi di atas di sadur dari Radar Jogja.

Kredit image dari wajibbaca.com


Pesan yang dapat di ambil dari berita di atas adalah tidak hanya di Jakarta saja sudah krisis lahan makam, tetapi di luar Jakarta juga sama. Jakarta merupakan kota metropolitan setiap orang datang dari berbagai daerah berbondong bondong mencari rejeki kemudian semakin hari semakin sempit.

Pembangunan terus berjalan seiring laju roda perekonomian. Sudah banyak bukti banyak lahan makam yang di gusur di jadikan properti komersial. Untuk mengatasi permasalahan lahan makam anda boleh melirik san diego hills sebagai solusi untuk lahan pemakaman keluarga yang dapat di rencanakan jauh jauh hari dengan harga lahan makam yang masih terjangkau.