Harga tanah di Karawang melambung terkait rencana bangun bandara

Selama ini, penduduk Jakarta dan sekitarnya mengandalkan bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma jika ingin bepergian menggunakan pesawat terbang. Hal tersebut membuat beban kerja kedua bandara begitu berat, tetapi hal ini tidak akan betahan terlalu lama. Pasalnya, tidak lama lagi, pemerintah akan membangun bandara baru di daerah Karawang. Hal ini tentu akan meringankan beban kedua bandara tadi. Selain itu, fasilitas baru ini juga akan mempermudah berbagai aktivitas personal maupun bisnis. Walaupun demikian, terdapat pula efek samping dari rencana pembangunan ini, seperti melambungnya harga tanah di Karawang.

harga tanah di karawang
Tanah di karawang (source image : http://karawangtoday.com)

Rencana pembangunan bandara baru ini telah melalui serangkaian analisis dan telah memperoleh rekomendasi dari Japan International Cooperation Agency (JICA). Untuk meminimalisasi masalah sosial kemasyarakatan, sebagian besar kawasan bandara akan dibangun di atas lahan milik negara, yaitu kawasan hutan yang berada dalam tanggung jawab Perum Perhutani di Karawang Selatan. Walaupun demikian, tidak perlu risau akan dampak lingkungan atas pembangunan bandara ini. Pasalnya, bandara Karawang akan dibangun dengan konsep bandara ramah lingkungan (eco-airport).

Pembangunan bandara di Karawang tidak terlepas dari rencana pembangunan Karawang sebagai kawasan industri besar. Saat ini saja, sudah terdapat puluhan kawasan industri di Karawang. Enam di antaranya bahkan telah berkembang menjadi kawasan industri besar, yaitu Karawang International Industrial City, Suryacipta City of Industry, Kawasan Industri Kujang Cikampek, Kawasan Industri Daya Kencanasia, Kawasan Industri Mitra Karawang, dan Kawasan Industri Indotaisei Kota Bukit Indah. Seluruh kawasan tersebut mengantarkan kawasan industri di Karawang menjadi kawasan industri terluas di Asia Tenggara. Selain itu, Karawang pun mengingatkan kita pada kota Shenzhen di Cina. Jika Shenzhen bertransformasi dari kota nelayan menjadi kota industri, maka Karawang beralih dari kawasan pertanian menjadi kawasan industri.

Keberadaan kawasan industri dan juga fasilitas penting seperti bandara sudah tentu mendongkrak nilai jual lahan di sekitarnya. Harga tanah di Karawang, yang dulu cukup terjangkau, sekarang sudah mulai melambung. Berbagai pengembang pun berlomba menangkap peluang emas dengan membangun berbagai perumahan, gedung, dan fasilitas umum untuk mengakomodasi kebutuhan para pekerja dan ekspatriat di Karawang.

Oleh karena itu, saat ini dinilai sebagai waktu yang paling tepat bagi masyarakat yang menginginkan kepemilikan tanah di Karawang. Pasalnya, setelah realisasi pembangunan bandara dan kawasan industri besar Karawang, harga tanah di Karawang diprediksi menjadi yang termahal untuk kawasan di luar Jakarta.

Terkait dengan hal ini harga tanah kuburan di san diego hills pun terus merangkak naik. Hal ini saya rasakan sejak bergabung sebagai marketing di san diego hills tahun 2009, hingga saat ini harganya terus melejit. Saya sendiri merasa menyesal tidak  membeli lahan kuburan untuk keluarga saya pribadi di saat saat masih murah.

Sumber:
http://www.propertyandthecity.com/index.php/main-report/628-karawang-siap-bergoyang
http://finance.detik.com/read/2014/04/02/110335/2542941/4/apa-kabar-rencana-proyek-bandara-baru-di-karawang

 

Chat via Whatsapp disini !