Berbagai Contoh Ucapan Duka Cita

Ucapan duka cita

Mendapat ucapan turut berdukacita dari seseorang pasti akan membuat hati kita tenang dan sejuk. Dalam kedukaan, kita tentu sangat membutuhkan dukungan dan perhatian orang-orang yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, kita juga perlu belajar untuk memberikan ucapan dukacita kepada orang yang tertimpa kemalangan.

Berikut adalah beberapa contoh ucapan yang bisa kita gunakan untuk mengekspresikan kepedulian kepada orang-orang yang mengalami kemalangan:

  • “Turut berdukacita atas kepergian Ayahanda. Semoga amal baiknya diterima dan almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi-Nya.”
  • “Saya ikut berduka dan kehilangan atas kepergian Ibu Sinta. Ia adalah sosok yang hebat sebagai istri dan ibu. Kepergiannya menyisakan duka. Semoga keluarga diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah ini.”
  • “Hai, Dika. Yang sabar, ya. Tuhan pasti tahu yang terbaik untuk umat-Nya. Tetap yakin bahwa ada hikmah yang besar di balik semua peristiwa ini.”
  • “Tidak ada sebuah kejadian yang luput dari campur tangan Tuhan. Mari kita serahkan kepada-Nya semua rasa duka cita kita sehingga Ia menghibur kita.”
  • “Atas kepergian sahabat dan teman kami, Ria, kami ikut berduka. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan kekuatan untuk menerimanya.”

Sampaikan Dengan Cara yang Tepat

Orang yang berduka sangat butuh dukungan dari orang lain. Dukungan tersebut, apa pun bentuknya, menjadi hal yang menguatkan mereka. Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah memberi ucapan dukacita sebagai tanda berempati. Namun, kita juga harus memperhatikan cara menyampaikan ucapan tersebut.

Hal mendasar yang perlu kita ketahui adalah bahwa keluarga yang berduka kadang-kadang sensitif. Meskipun makna atau esensi ucapan kita baik, jika cara menyampaikannya tidak bijak, bukannya terhibur, orang yang berduka justru tersinggung. Jadi, sampaikanlah ucapan dukacita tersebut dengan sopan, tidak melebih-lebihkan, dan tetap mengedepankan empati.

Sering kali, duka yang dialami tersebut menjadi lebih ringan jika ada orang yang menghibur dengan tepat. Jangan pula mengajari orang yang berduka dengan berbagai macam teori, tetapi dengarkanlah setiap keluhan dan kesedihan mereka. Bisa dipastikan, tindakan seperti itulah yang lebih mereka butuhkan.

Berdasarkan jenisnya ucapan duka cita dibagi ke dalam beberapa kelompok besar yang banyak digunakan di kalangan masyarakat sebagai berikut :

Ucapan duka cita Islami khusnul khotimah

  • Inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. Saya dan keluarga turut berbela sungkawa atas kematian almarhum. Semoga Allah menerima segala amal kebaikan yang telah dikerjakan almarhum selama di dunia. Semoga Allah memberikan tempat yang indah bertaman syurga. Aamiiin.
  • Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia diterima oleh Allah SWT. Serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.
  • Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Yakinlah jika ini sudah merupakan suratan takdir dan pasti akan ada hikmah dibaliknya. Semoga Allah mengampuni segala dosa dan menerima Amal ibadahnya.

Ucapan duka cita Kristen

  • Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa.
  • Karena engkau telah bersama-Nya. Berada dalam lingkungan surga bersama dengan telaga yang menganak sungai. Engkau berenang dengan penuh gembira. Yang airnya mengalir dalam tangis duka kami yang kehilangan. Tinggallah bersama Kristus dalam keabadian.
  • Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar …. tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah.

Ucapan duka cita dalam bahasa Inggris

  • We are really sorry to hear that. May she / he get a beautiful place up there.
  • I am so sorry to hear that disaster you are experienced.
  • I can’t even imagine what you must be feeling right now, if anything happened, if you need a company, we are just a phone call away.

ucapan duka cita kristen singkat

  • Saya turut berduka cita atas meninggalnya Ayahmu, semoga kamu dan keluarga mendapatkan ketabahan dari kejadian ini.
  • Saya turut berduka cita atas kehilangan yang telah menimpamu hari ini.
  • Saya turut berduka cita, sungguh tak ada yang bisa saya katakan lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
Chat Sekarang !