Sertifikat tanah makam san diego hills hilang, begini cara mengurusnya.

sertifikat tanah makam san diego hills

Sertifikat tanah makam san diego hills yang kemudian di sebut Surat Kolektif Makam (SKM) merupakan dokumen bukti kepemilikan resmi bagi pembeli, atas hak tanah makam atau alat bukti bagi pemegang hak yang sah atas tanah makam tersebut. Tentu saja, oleh karena itu dokumen penting ini harus Anda simpan dengan baik dan cermat, sama seperti layaknya Anda memperlakukan surat berharga Anda yang lain.

Walaupun surat kolektif makam tersebut sudah Anda simpan dengan baik, bagaimana kalau terjadi sesuatu hal tak terduga sehingga sertifikat tanah makam san diego hills asli yang Anda miliki itu hilang? Mungkin Anda bertanya-tanya apakah hak tanah makam di san diego hills yang Anda miliki tersebut juga hilang? Jawabannya tentu saja tidak, karena pada dasarnya data Anda sudah terkomputerisasi pada database di kantor san diego hills.

sertifikat-tanah-makam-san-diego-hills-bagian-depan

Gambar 1. Contoh sertifikat tanah makam san diego hills

Bagian depan

sertifikat-tanah-makam-san-diego-hills-bagian-belakang

Gambar 2. Contoh sertifikat tanah makam san diego hills

Bagian Belakang

Jadi, jika sertifikat tanah makam san diego hills itu hilang, maka Anda sebagai pemegang hak atas tanah tersebut bisa mengajukan permohonan kepada Kantor san diego hills untuk menerbitkan sertifikat pengganti. Namun, tentu saja Anda harus mengurus penggantian sertifikat tanah yang hilang tersebut sesegera mungkin.

Pengurusan sertifikat tanah yang hilang dilakukan di Kantor san diego hills Jakarta yang beralamat disini, yang nantinya akan menerbitkan sertifikat pengganti jika semua persyaratan dan prosedur terpenuhi. Namun seperti kasus kehilangan dokumen penting lainnya, sebelum mendatangi Kantor san diego hills, Anda harus terlebih dahulu mengajukan laporan kehilangan ke kepolisian.

Pihak yang Berhak Mengurus Kehilangan Sertifikat Tanah makam san diego hills

Yang dapat mengajukan permohonan penggantian sertifikat adalah:

1. Pemegang Hak atas tanah makam san diego hills

Permohonan sertifikat pengganti untuk sertifikat yang hilang hanya dapat dilakukan oleh pihak yang namanya tercantum sebagai pemegang hak pada lembar sertifikat (surat kolektif makam)

2. Ahli Waris Pemegang Hak atas tanah makam san diego hills

Dalam kasus pemegang hak atas tanah sudah meninggal dunia, maka permohonan sertifikat pengganti dapat diajukan oleh ahli warisnya dengan menyertakan surat tanda bukti sebagai ahli waris. Surat tanda bukti sebagai ahli waris ini bisa berupa Akta Keterangan Hak Mewaris atau Surat Penetapan Ahli Waris atau Surat Keterangan Ahli Waris. Pengajuan oleh ahli waris ini juga harus dilengkapi dokumen pendukung yang sah lain, dalam hal ini Surat Keterangan Kematian pemegang hak.

Prosedur Pengurusan Sertifikat Tanah makam san diego hills yang Hilang

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah untuk mengurus sertifikat tanah yang hilang berikut ini:

1. Melaporkan Kehilangan Sertifikat ke Kepolisian

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melaporkan perihal kehilangan sertifikat tanah makam san diego hills ke pihak yang  berwenang, dalam hal ini kepolisian. Di sejumlah wilayah, laporan ke Polsek sudah cukup, namun ada wilayah yang mengharuskan minimal laporan ke Polres. Saat melapor, sebutkan nomor sertifikat, Garden nya, mansionnya, Tipe lahannya, Suites dan Nomornya. Serta atas nama siapa sertifikat itu. Jika Anda lupa detil kavling yang anda miliki silahkan hubungi kantor san diego hills Jakarta di no 021.574.5501 minta di sambungkan ke bagian admin.

2. Mengurus Penggantian Sertifikat Tanah (SKM) ke Kantor san diego hills

Setelah membuat Surat Keterangan Kehilangan Sertifikat Tanah di Kantor Polisi, Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan sertifikat pengganti di Kantor San diego hills.

3. Mengisi Formulir Permohonan

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, prosedur selanjutnya adalah mengajukan permohonan untuk membuat sertifikat pengganti atas sertifikat tanah yang hilang tersebut. Kantor san diego hills menyediakan formulir permohonan yang harus diisi dan ditandatangani pemohon di atas materai yang cukup. lihat formulir di bawah ini.

permohonan-cetak-ulang-sertifikat-tanah-san-diego-hills

Gambar 3. Surat permohonan cetak ulang sertifikat san diego hills

4. Pemohon Melengkapi Berkas Permohonan Penggantian Sertifikat

Berkas permohonan penggantian sertifikat ini meliputi:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Sertifikat Tanah ( surat kolektif makam) yang dimaksud (jika ada)
  • Surat Kehilangan sertifikat tanah dari kepolisian
  • Mengisi Form permohonan penggantian sertifikat tanah yang di sediakan oleh kantor san diego hills

5. Penerbitan Sertifikat Pengganti Waktu Proses Pengurusan

Setelah persyaratan lengkap dan sudah mengisi form penggantian sertifikat proses penerbitan sertifikat baru biasanya kurang lebih 1 bulan. Setelah jadi sertifikat baru anda akan di hubungi oleh bagian admin dari san diego hills.

Demikian informasi yang saya sampaikan semoga bermanfaat.