Yuk pahami syarat dan ketentuan pembelian makam san diego hills, sebelum anda melakukan transaksi.

syarat dan ketentuan pembelian makam san diego hills

Setiap pembelian barang apapun itu pasti ada syarat dan ketentuan, apa saja yang termasuk dalam pembelian barang tersebut, apa yang di cover dan apa yang tidak, dan bagaimana dengan garansi nya.

Berkaitan dengan pembelian lahan pemakaman di san diego hills hal itu sama ada syarat dan ketentuan nya. Ayooo kita pahami satu persatu.

  • Dua ketentuan utama yang membedakan harga.
  • Adendum tambahan syarat dan ketentuan

Dua Ketentuan Utama yaitu Pre Need VS At Need

Dalam setiap transaksi pembelian lahan makam di san diego hills langkah pertama yang di tanyakan adalah tujuan pembelian lahan mau di gunakan segera (At Need) atau sebagai persiapan saja (Pre Need) ?

  1. Kondisi pembelian PreNeed yaitu membeli lahan makam jauh jauh hari dengan tujuan sebagai persiapan. Jika anda membeli lahan makam dalam kondisi ini pembayaran dapat di cicil dan jika pembayaran cash mendapat tambahan diskon sebesar 10 %.
  2. Kondisi pembelian AtNeed yaitu Pembelian lahan makam pada saat sudah terjadi kedukaan atau pembelian pada saat 3 hari pertama sejak tanggal input penjualan, kemudian terjadi kedukaan. Harga lahan tidak berlaku cash discount Pembayaran lahan dan biaya paket upacara pemakaman harus lunas sebelum hari pemakaman.

Tambahan Ketentuan dan Syarat Pemesanan Lahan Makam

UNTUK PEMBELIAN RETAIL, BERLAKU UMUM :

  • Setiap pembayaran BOOKING FEE, CICILAN DAN PELUNASAN harus dibayarkan langsung via kasir PT. San Diego Hills Memorial Park atau transfer ke rekening Virtual Account CIMB Niaga atas nama PT. San Diego Hills Memorial Park No. 1909.90 …….. , apabila pembayaran melalui ATM Bersama dengan No. 0221909.90……. Apabila telah melakukan pembayaran, mohon bukti pembayarannya di fax ke PT. Sandiego Hills Memorial Park No.021-5745503.

Pada point di atas di jelaskan bahwa pembayaran harus ke rekening perusahaan a/n PT. San Diego Hills Memorial Park. 

  • Booking Fee berlaku 12 hari kerja sejak diterimanya pembayaran oleh Sandiego Hills sampai dengan Input penjualan, lewat dari 12 hari kerja Booking Fee hangus.

Pada point di atas pihak san diego hills memberikan keleluasaan waktu untuk berdiskusi dengan keluarga besar. Hal ini hanya berlaku untuk pembelian dalam kondisi Pre Need (sebagai persiapan). Setelah survey ke lokasi biasanya dalam satu keluarga, punya beberapa pilihan lokasi dan pilihan unit. Nah disini silahkan anda bayar booking fee dulu untuk mengikat unit yang anda anggap sebagai pilihan pertama besarnya booking fee sesuai ketentuan dari pihak san diego hills.  Jika pilihan unit nya berubah maka booking fee untuk mengikat unit sebelumnya dapat di pindahkan ke unit yang baru. 

Keleluasaan waktu tersebut hanya di berikan selama 12 hari kerja ya dan rasanya itu sudah cukup waktunya untuk menentukan pilihan. Jika ternyata final nya keluarga memutuskan tidak jadi beli di san diego hills maka booking fee tersebut dapat di kembalikan full 100% tanpa di potong. dengan catatan pada saat pembayaran ke san diego hills tidak menggunakan kartu kredit. Kalau pakai kartu kredit pihak bank akan mengenakan biaya sekitar 3% pada saat refund. 

jangan khawatir untuk membayar booking fee ya.. karena masih di berikan waktu 12 hari kerja untuk mengambil keputusan terbaik. 

Tapi kalau sudah yakin di hari pertama bayar booking fee langsung saja ke tahap selanjutnya yaitu input penjualan. yaitu di hari ini di akui nya transaksi jual beli lahan makam san diego hills secara administrasi resmi. 

Anda jangan samapai lewat dari 12 hari kerja ya untuk menentukan keputusan. Kalau lewat dari 12 hari kerja maka uang booking fee nya hangus. 

  • Apabila lahan yang dipesan akan digunakan untuk orang yang meninggal dunia dalam waktu 3 (hari), sejak tanggal Input Penjualan, maka pelunasan harga lahan berubah menjadi harga At-Need (Tidak berlaku cash discount).

Point di atas artinya Jika dalam waktu 3 hari pertama sejak tanggal input penjualan kemudian ada yang meninggal dunia dan akan menempati lahan yang di pesan tersebut maka cash diskon 10% nya hilang (tidak berlaku). Tetapi jika meninggalnya pada hari ke 4 cash diskon 10% tetap berlaku.

Hal ini adalah masa transisi antara kondisi Pre Need dan kondisi At Need.  Dari pengalaman yang saya alami terkadang seseorang baru mencari lahan makam pada saat sedang ada yang sakit kritis. 

Contoh kasus :

Kondisi sedang ada yang sakit kritis. Pada saat survey lokasi belum terjadi kedukaan / belum ada yang meninggal dunia. Pada waktu survey tersebut sudah di tentukan unit yang di pilih dan di lanjutkan ke tahap input penjualan serta opsi pembayaran memilih cara bayar cash (yang pasti mendapat cash diskon 10%). 

Tetapi Tuhan berkendak lain ternyata pada hari ke 2 setelah input penjualan terjadi kedukaan dan lahan yang baru di pesan tersebut akan di gunakan segera. Nah pada kondisi ini maka cash diskon 10% nya hilang (tidak berlaku) Tetapi jika meninggalnya pada hari ke 4 maka cash diskon 10% nya tetap berlaku.

Yang menjadi acuan dasar tanggal meninggal adalah dokumen resmi surat keterangan kematian yang di keluarkan oleh rumah sakit jika meninggal di rumah sakit atau surat keterangan kematian dari RT RW jika meninggal nya di rumah.

  • Untuk pembelian paket, apabila belum ada pelunasan penjualan, salah satu lahan yang dibeli akan digunakan untuk pemakaman, maka pemesan HARUS melunasi SELURUH kewajiban baik untuk lahan yang akan digunakan ataupun lahan yang belum digunakan.

Pada point di atas hal tersebut berlaku untuk pembelian lahan makam tipe single burial yang di beli dengan cara system paket dari mulai paket pasangan (2 unit makam) sampai dengan paket 10 (10 unit makam). 

Ketentuan pembayaran untuk paket pasangan sampai paket 9 jika memilih cara bayar cash maksimal pelunasan adalah 30 hari. Tetapi untuk paket 10 jika memilih cara bayar cash, ketentuan pelunasannya hanya 6 hari dari tanggal input penjualan. Merujuk pada point di atas misalnya anda membeli paket pasangan pada hari pertama baru bayar booking fee rencana pelunasan di hari ke 30 dan ternyata pada hari ke 15 lahan mau di gunakan maka salah satu lahan nya maka 2 lahan tersebut harus di lunasi karena itu adalah merupakan paket satu kesatuan dalam satu surat pesanan.

  • Dengan adanya Peraturan Pemerintah No.71 tahun 2008 mengenai pembayaran pajak penghasilan atas penghasilan dari pengalihan hak atas tanah dan atau bangunan, apabila pihak Pemesan melakukan tukar unit, maka PPN dan PPH Final yang telah disetorkan pada unit awal dinyatakan HANGUS dan tidak diperhitungkan untuk unit yang ditukar.

Pada point di atas artinya jika anda melakukan tukar unit sebelum pelunasan hal itu memungkinkan. Tetapi PPN dan PPH Final Hangus, Jika tukar unit nya sudah beda bulan. Jadi saya sarankan jika mau tukar unit sebelum pelunasan dan sebelum di gunakan sebaiknya pada bulan yang sama. 

  • Pemesan sepenuhnya sadar dan mengetahui bahwa untuk keperluan hanya saat pemakaman, PT. San Diego Hills Memorial Park berhak untuk sementara waktu menutupi lahan makam lain disekitar unit yang akan digunakan untuk pemakaman.

Pada point di atas artinya lahan yang anda beli mohon di ijinkan hanya satu hari saja untuk keperluan pemakaman lahan lain di sekitar unit yang anda beli. Lahan Anda untuk sementara waktu di tutup dahulu. Setelah acara pemakaman selesai maka lahan anda akan normal kembali. Hal ini baik lahan yang sudah di gunakan maupun yang belum di gunakan. 

Nanti suatu saat anda ada pemakaman maka anda juga akan menutupi lahan lain di sekitar yang anda pesan untuk mendirikan tenda. 

Seandainya anda mau jiarah ke makam keluarga anda dan ternyata di lokasi kebetulan lahan nya sedang di tutup sementara waktu untuk keperluan pemakaman sebaiknya mohon menunggu dulu sampai acara pemakaman selesai.

  • Yang menjadi tanggung jawab Pengelola dalam hal perawatan adalah memelihara & merawat rumput, tanaman berbunga, pohon-pohon yang ditanam di dalam Kawasan Makam, yang penanamannya dilakukan oleh Pengelola atau mendapatkan persetujuan penanaman oleh Pengelola (sesuai bab 11 buku Syarat dan Ketentuan Umum Kawasan Pemakaman). Endowment Fund, diperuntukkan : 1) Pemeliharaan rumput, 2) Keamanan.

Pada point di atas bahwa pihak san diego hills hanya merawat rumput dan tanaman yang penanamannya di lakukan oleh pihak san diego hills. atau orang pribadi / klien yang mendapat persetujuan penanaman dari pihak san diego hills. 

Jadi jika anda membeli lahan makam yang ada bangunan nya, seperti tipe semi private, tipe private estate, tipe bongpay, tipe patung, tipe paviliun, dan tipe peak estate hal itu tidak di cover perawatan untuk bangunan nya. 

  • Bila terjadi keterlambatan pembayaran atau cicilan dan atau pelunasan lahan makam yang dipesan ini, Pemesan dikenakan penalty sebesar 1 permil perhari dari nilai keterlambatan tersebut.

Pada point di atas  yang di jadikan patokan / acuan dasar pengenaan penalty jika untuk pembayaran cicilan maka dari cicilan per bulannya. Contoh cicilan nya Rp 5.000.000 per bulan kemudian telat bayar nya 7 hari maka perhitungan nya adalah (1/1000 x Rp. 5.000.000) x 7 hari maka penalty nya Rp 35.000

  • Apabila terjadi tunggakan pada transaksi pemesanan lahan dimana baru terjadi pembayaran BOOKING FEE saja, maka 37 ( tiga puluh tujuh) hari sejak diterimanya pembayaran di rekening PT. San Diego Hills Memorial Park, pihak Pemesan akan dikirimkan Surat Konfirmasi yang menyatakan pemesanannya DIBATALKAN dan seluruh uang yang telah dibayarkan dianggap HANGUS dan menjadi hak PT San Diego Hills Memorial Park sepenuhnya.

Pada point ini maksudnya ini kondisi pesanan anda sudah sudah di input. Untuk proses input ini harus ada booking fee yang anda bayar. misalnya rencana pembayaran cash 30 hari tapi setelah 30 hari tidak ada pelunasan maka di hari ke 37 akan di kirimkan surat konfirmasi pemesanan di batalkan. 

  • Tipe produk selain Single Burial, pada waktunya SDH akan mengundang Pemesan secara tertulis untuk melakukan serah terima produk di SDH Karawang. Bila 30 hari setelah tanggal undangan serah terima secara tertulis ini, tidak mendapat tanggapan apapun dari Pemesan untuk serah terima produk di SDH, Karawang, maka secara otomatis unit tersebut dianggap telah diterima dengan baik oleh pemesan.

Pada point ini untuk produk tipe single burial tidak ada berita acara serah terima. Serah terima produk biasa nya untuk pembelian yang ada bangunan nya dan waktu anda membeli masih dalah progress pembangunan. Jika bangunan sudah selesai dan anda sudah membayar lunas maka akan di serah terima kan.

  • Masa garansi Unit tersebut diatas adalah 60 hari sejak berita acara serah terima / berita acara serah terima otomatis. Setelah masa garansi berakhir, maka kerusakan / perbaikan / penggantian terhadap hardscape dan landscape dari unit tersebut (kecuali rumput) menjadi tanggung jawab pemesan.
  • KHUSUS UNTUK PAKET FAMILY / KORPORASI, Pemesan wajib memberikan informasi data kepemilikan hak atas lahan makam untuk setiap unit dalam paket pada saat pemesanan. Proses perubahan data kepemilikan hak atas lahan makam hanya bisa dilakukan bila sesuai dengan nama yang didaftarkan di awal pemesanan, dan tidak dikenakan biaya administrasi. Apabila di kemudian hari akan dilakukan perubahan data kepemilikan hak atas lahan makam lagi ke pihak ketiga lainnya, maka akan dikenakan biaya administrasi.

KETENTUAN BANGUNAN DI ATAS LAHAN MAKAM DAN JUMLAH JASAD YANG DAPAT DITANAM DALAM SUATU LAHAN MAKAM, KHUSUS UNTUK PRODUK PRIVATE ESTATE (PE) DAN PEAK OF THE PEAK ESTATE (PP)

san diego hills tipe peak estate

Contoh Lahan Makam Tipe Peak Estate

Custom Design

  1. Rancang (desain) dari bangunan di atas Lahan Makam wajib mengikuti desain yang ditentukan oleh PT San Diego Hills Memorial Park (‘Pengelola’).
  2. Pemesan dalam melaksanakan pembangunan bangunan wajib untuk melakukan koordinasi dengan Pengelola dalam mendapatkan ijin, dan mentaati semua tata tertib yang berlaku di Kawasan.
  3. Apabila terjadi pengalihan hak, maka jangka waktu sebagaimana diuraikan pada a) di atas tetap berlaku dan wajib dilaksanakan oleh penggantinya tanpa kecuali.
  4. Pembangunan bangunan tersebut dilaksanakan oleh Pengelola atau kontraktor yang ditunjuk oleh Pengelola dan Pemesan wajib untuk membayar segala biaya-biaya dan pajak-pajak dalam bentuk apapun yang timbul sehubungan dengan pembangunan bangunan tersebut.
  5. Pemesan dan atau kontraktor yang ditunjuk wajib untuk memelihara kebersihan dan ketertiban selama masa pembangunan bangunan di atas Lahan Makam secara keseluruhan dengan baik. Bilamana terjadi kerusakan atas material-material yang terdapat ditempat-tempat atau bagian pekerjaan pembangunan bangunan tersebut, Pemesan diwajibkan memperbaikinya dengan segera tanpa ditunda.
  6. Pemesan wajib untuk melakukan koordinasi dengan Pengelola untuk memperoleh persetujuan jumlah jasad yang dapat ditanam / dikubur dalam suatu Lahan Makam.